Jumat, 02 Maret 2012

PUSAKA - KLATEN

 

Salah satu kota yang cukup menarik di daerah Jawa Tengah, adalah kota Klaten. Klaten merupakan ibukota kabupaten Klaten. Peta kota Klaten berada persis di sebelah utara dan barat daya Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Klaten berbatasan dengan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, dan di sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Asal mula kota Klaten cukup unik. Menurut masyarakat kota Klaten, sebenarnya asal mula kota Klaten masih silang pendapat. Sampai saat ini belum mendapatkan kebenaran yang otentik. Namun menurut cerita orang-orang tua, asal mula kota Klaten terdiri dari dua versi cerita:
·       Kisah pertama menyebutkan asal mula kota Klaten berasal dari kata kelati, yang artinya adalah buah bibir. Seiring berjalannya waktu, kata kelati mengalami disimilasi pengucapan yang berubah menjadi klaten.
·       Kisah kedua menyebutkan bahwa asal mula kota Klaten bermula dari keberadaan seorang kyai yang bernama Melati Sekolekan. Kyai Melati datang sekitar kurang lebih 560 tahun yang lalu ke Klaten yang dahulu masih berupa hutan belantara. Kyai Melati dikenal sebagai orang yang baik budinya dan sangat saktisehingga perkampungannya selalu aman dari bahaya perampok. Semakin lama perkampungan tempat tinggal Kyai Melati semakin didatangi penduduk dan berkembang menjadi kota Klaten. Kemudian nama perkampungan tempat tinggal Kyai Melati diberi nama Dukuh Sekolekan. Nama ini diambil dari nama belakang Kyai Melati. Saat ini Dukuh Sekolekan berubah menjadi Sekalekan.

 KULINER KHAS KLATEN 

Keripik Paru Latar Putih

Salah satu ciri khas oleh2 dari kota Klaten yaitu keripik paru. Keripik Paru Latar Putih bisa direkomendasikan sebagai buah tangan. Lokasinya arah belakang Plasa Matahari Klaten ke arah timur, tepatnya di Jl Rajawali GG Latar Putih ( +/- 100m ) . Selain keripik paru, ada keripik nangka, keripik belut, keripik kacang, keripik kedelai, keripik cakar, tempe keripik, keripik ikan teri, emping kecil2, dll. Jika anda ingin membawa oleh2 khas Klaten, berbagai jenis keripik ini pantas dicoba.

 

Ampyang  Kacang  Jahe

Ampyang adalah makanan ringan yang terbuat dari gula jawa yang dicairkan dan dicampur kacang serta air jahe. Sangat cocok untuk camilan dan penghangat badan.

 

Tahu  Baxo

Kudapan yang terbuat dari adonan bakso yang dibungkus kulit tahu.

  

PENAMPILAN KHAS KLATEN 

1. Wayang Klitik
2. Wayang orang
3. Jathilan
4. Wayang Kulit
5. Wayang Babad
6. Gejog lesung
7. Srandul
8. Kethoprak
9. Srunthul
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar