Kamis, 01 Maret 2012

IST - TEGAL

         TEGAL, adalah salah satu daerah yang berada di wilayah provinsi jawa tengah. Daerah Tegal ini terdiri atas dua bagian, yaitu daerah Kota Tegal dibagian utara dan daerah Kabupaten Tegal dibagian selatannya. Kota Tegal yang memiliki semboyan “Tegal keminclong, Moncer kotane” ini berdiri pada tanggal 12 April 1580 dan memiliki 4 kecamatan, yakni Tegal barat, Tegal timur, Tegal selatan, dan Margadana. Jika diukur secara kasarnya, lokasi kota tegal yang berada di wilayah pantura (pantai utara) ini merupakan posisi tengah jarak tempuh antara Jakarta-Surabaya. Sehingga posisi strategis tersebut dengan didukung infrastruktur yang memada menjadikan Kota Tegal sebagai kota transit . hal tersebut berdampak pada berkembangnya usaha di bidang jasa pariwisata, khususnya perhotelan. Sektor perdagangan juga merupakan sumber perekonomian masyarakat kota tegal, yaitu berupa usaha kecil dan menengah dalam industri logam rumahan di kawasan jalan cempaka serta kerajinan batik tegalan di kelurahan kalinyamat.

KULINER
1.Nasi lengko
Adalah salah satu makanan berat khas tegal yang terbuat dari perpaduan antara nasi putih, tauge, irisan kol, irisan timun, irisan tempe, dan irisan tahu yang disiram dengan sambal kacang dan kecap manis.

2. Es Lontrong
“Lontrong” adalah bahasa Tegal, yang berarti “lorong”, sesuai dengan namanya, es lontrong ini pertama kali di jual di sebuah lorong kecil diidaerah Slawi, Kabupaten Tegal. Es lontrong adalah minuman ringan dengan rasa manis dan gurih yang menggugah selera. Es ini terbuat dari es gusruk( ora ngrti bhasa indonesiane) ,di campur dengan gula cair yang di cmpur dengan pewarna makanan merah, kacang hijau, serta roti tawar yang kemudian disiram dengan santan yang kental dan gurih. Tampilannya yang penuh warna, seakan mewakili rasanya yang memukau.

3. Olos
Olos adalah salah satu jajanan asli Tegal yang tergolong baru. Olos terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu yang dicampur dengan air secukupnya, sehingga menjadi adonan yang kalis. Adonan ini nantinya dipergunakan sebagai kulit yang dibentuk bola, sedangkan isinya terbuat dari koll yang diiris tipis
dan cabe rawit beserta bumbu. Adonan yang telah diisi, di bentuk bulat-bulat kecil, kemuadia digoreng dengan api sedang. Sensasi yang dirasakan saat menyicipi olos ini adalah rasa Pedas

4. Tahu aci
Tahu aci terbentuk dari tahu kuning yang dipotong menjadi dua secara diagonal, sehingga membentuk segitiga, kemudian diatas tahu ini diberi adonan yang terbuat dari tepung kanji (aci) dengan irisan kocai. Perpaduan ini kemudian digoreng dengan api besar, sampai matang. Tahu aci semakin nikmat jika dihidangkan dalam kondisi hangat serta didampingi dengan cabai rawit.

5. Tahu pletok
Tahu pletok adalah jajanan khas tegal, terbuat dari tahu gambir yang di belah, namun tidak sampai putus menjadi beberapa bagian , biasanya dibelah menjajdi 4 bagian sehingga tahu ini semakin pipih, tahu dibalut dengan adonan tepung terigu dan bumbunya. Kemudian digoreng dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Gurih serta renyahnya tahu pletok semakin menggugah selera saat dinikmati dengan cabai rawit hijau yang segar.

6. pilus asin jajanan bulat kecil dari bahan adonan terigu yang kemudian digoreng.

7. Antor, kerupuk khas tegal yang proses penggorengannya menggunakan pasir hitam, nonkolesterol(hehe)

8. Kacang bogares, merupakan kacang tanah yang rasanya agak asin dan gurih, produk asli masyarakat desa bogares-tegal.

9. Soto tegal, yaitu soto yang memakai tauge dan tambahan berupa tauco dengan campurannya daging ayam, sapi atu jeroan babat

10. Kupat glabed, yaitu ketupat dari beras yang diberi kuah kental dan dimakan bersama sate kerang atau sate dari daging blengong (sejenis unggas/ bebek, merupakan perkawinan antara itik dengan menthok)  yang dihasilkan dari cabe rawit sert rasa gurihnya yang BEDA. Konon, makanan ini dibuat oleh masyarakat desa jatirawa kecamatan tarub tegal.

2 komentar: