Jumat, 02 Maret 2012

PASPILO - SOLO

PASPILO(Paseduluran Priyayi Solo) adalah Organisasi daerah bagi mahasiswa dan mahasiswi STAN yang baik masih duduk di bangku kuliah maupun bagi para alumninya.    Paspilo dalam rangka acaranya menyambut FESBUDNUS 2012 pada tanggal 1 April 2012 akan menampilkan pameran dengan format seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.
Dalam perhelatan Festival Budaya Nusantara 2012, kami PASPILO mengusung tema “Luhuring Budaya Ngangkat Drajating Bangsa” yang menggambarkan bahwa “Kebudayaan yang luhur dan suci dari suatu bangsa akan mengangkat harkat dan martabat dari bangsa tersebut “, dan kami berusaha semaksimal mungkin membuat konsep yang menarik yang dapat menunjukkan keluhuran budaya kota Solo dan menghadirkan kepada pengunjung suasana dan cita rasa kebudayaaan Solo secara utuh dan asli. maka dari itu kami menyusun format dengan perincian:

FORMAT PAMERAN BUDAYA NUSANTARA

Untuk kreasi stand tahun ini, kami akan menghadirkan suasana kebersahajaan seperti tema yang diusung dalam Festival Budaya Nusantara 2012. Bagi masyarakat Solo, pemakaian kain batik sangat menggambarkan keaslian dan kesederhanaan Solo sehingga untuk stand yang telah disediakan panitia sebesar 3x3 meter akan kami hias dengan kain batik sebagai backdropnya. Jadi, dengan kata lain stand kami akan benar-benar bersuasana batik. Untuk menyambut para pengunjung, kami memberikan sentuhan keraton yaitu dengan memasang replica gapura jalan masuk keraton Kasunanan Surakarta yang sangat lekat dengan masyarakat Solo. Selain itu, kami juga akan memajang sepeda antik yang dahulu biasa dipakai oleh kaum bangsawan biasa disebut pit kebo. Selain untuk pajangan atau display di depan stand, pengunjung juga dapat mencoba menaiki sepeda tersebut .Dengan Konsep seperti ini kami akan menjelaskan begitu bersahajanya kraton solo yang sebagian orang menilai hampir sama dengan kraton jogja namun sebenarnya jelas-jelas berbeda . Oleh karena itulah kami akan menampilkan konsep kraton kasunanan yang murni asli merupakan kebudayaan orang solo.
           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar