Jumat, 02 Maret 2012

IKAMMA - MADIUN MAGETAN



Festival Budaya Nusantara adalah salah satu dari sekian event terprestise di STAN yang diadakan oleh BEM STAN. Event dimana ORGANDA - ORGANDA di STAN bersaing menunjukan budaya daerah masing-masing. Namun dari sekian banyak ORGANDA STAN yang berminat, hanya sebagian yang berkesempatan untuk mengikuti event ini. Dan IKAMMA, Ikatan Mahasiswa Madiun-Magetan, sangat beruntung bisa berpartisipasi dalam event akbar ini.

SEKILAS MADIUN-MAGETAN
Madiun dan Magetan adalah dua kota yang terletak di kaki gunung lawu, Jawa Timur. Dua kota yang tenang dan sangat nyaman sebagai tempat tinggal. Walaupun sama-sama berada di kaki gunung lawu, keadaan antara Madiun dan Magetan sangat bertolak belakang. Madiun adalah kota Transit yang mengarah menjadi kota Madiun adalah kota yang akrab dengan sebutan Kota Perdagangan, Pendidikan, dan Industri atau biasa disebut GADIS, sedangkan Magetan adalah kota Pariwisata karena memiliki banyak obyek wisata, seperti Telaga Sarangan, yang banyak digunakan untuk tujuan wisata, dan Telaga Wahyu, yang kerap menjadi tempat penyelenggaraan turnamen memancing tingkat nasional. Hal ini menyebabkan Madiun dan Magetan sangat kaya, baik di bidang budaya, industri maupun pariwisata. 

TEMA ACARA
Tema untuk Festival Budaya Nusantara yang diusung oleh IKAMMA adalah “MITRA GADIS”. Tema ini diambil dari dua slogan daerah kami, yaitu Kota Madiun dan Kabupaten Magetan. “MITRA” adalah slogan Kabupaten Magetan, singkatan dari Magetan-Indah-Tertib-Rapi-Aman. Magetan yang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di kaki Gunung Lawu sangat menjunjung tinggi keindahan, ketertiban, kerapian, dan keamanan. Tak heran bahwa pada tahun 2009, kabupaten Magetan, bersama dengan Kota dan Kabupaten Madiun, secara bersamaan meraih penghargaan Adipura dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan kata “GADIS” diambil dari slogan Kota Madiun yaitu Kota Gadis, “Perdagangan, Pendidikan, dan Industri”. Semuanya saling melengkapi sehingga tercipta suasana yang harmonis di wilayah Madiun itu sendiri. Dengan mengusung tema ini, kami bermaksud akan menunjukkan kebudayaan-kebudayaan yang menjadi ciri khas dari daerah asal kami 

KONSEP STAND
Pada kegiatan Pameran Budaya Nusantara ini kami akan menampilkan sebuah stand yang didalamnya akan menyajikan pemaparan tentang keadaan, sejarah, dan budaya Madiun dan Magetan, melalui media foto dan maket. Tidak ketinggalan, kami juga akan menyajikan makanan dan cemilan khas Madiun dan Magetan, diantaranya yaitu nasi pecel dan brem khas Madiun, sate kelinci, gethuk pisang, kerupuk rambak ,dan lempeng khas Magetan, semuanya dengan harga yang terjangkau.


1 komentar: