Jumat, 02 Maret 2012

PASUNDAN - BOGOR

Organda Pasundan
Pasundan merupakan singkatan dari Paguyuban Mahasiswa STAN dari Kota Hujan. Hal ini dikarenakan pasundan merupakan organisasi yang menjadi wadah silaturahim mahasiswa STAN yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor. Pasundan merupakan salah satu dari organda (organisasi kedaerahan) yang berada di lingkungan kampus STAN.

Asal dan arti nama kota Bogor

                Tah di dinya, ku andika adegkeun eta dayeuh laju ngaranan Bogor sebab bogor teh hartina tunggul kaung. Ari tunggul kaung emang geh euweuh hartina euweuh soteh cek nu teu ngarti.
Ari sababna, sabab ngaran mudu Bogor sabab bogor mah dijieun suluh teu daek hurung teu melepes tapi ngelun haseupna teu mahi dipake muput, tapi amun dijieun tetengger sanggup nungkulan windu kuat milangan mangsa. Amun kadupak mantak borok nu ngadupakna moal geuwat cageur tah inyana. Amun katajong? mantak bohak nu najongna moal geuwat waras tah cokorna Tapi, amun dijieun kekesed? sing nyaraho isukan jaga pageto bakal harudang pating kodongkang nu ngarawah si calutak.
Tah kitu! (begitulah) ngaranan ku andika eta dayeuh (berinama oleh mu itu kota) Dayeuh Bogor! (Kota Bogor) [Pantun Pa Cilong. "Ngadegna Dayeuh Pajajaran"]

PENAMPILAN FESBUDNUS

1.      Dogdog Lojor

Dogdog Lojor merupakan untaian kata, yaitu dog dog  dan lojor. Dog dog merupakan alat music tabuh yang terbuat dari batang kayu yang berongga dengan bulatan berdiameter 15 cm dan ujungnya mengecil berdiameter antara 12-13 cm, sedangkan panjangnya lebih kurang 90 cm hingga 100 cm. Pada ujung bulatan yang berdiameter 15m itu ditutup dengan kulit kambing yang telah dikeringkan, kemudian diikat dengan tali bambu dan dipaseuk / baji untuk mengencangkan kulit tersebut, sehingga kalau dipukul akan mengeluarkan suara dog.. dog.. dog. Akhirnya disebutlah alat musik itu dogdog.
Sedangkan lojor (bahasa Sunda dialek Banten) berarti `panjang'. Biasanya dogdog yang umum panjangnya berukuran antara 30 — 40 cm. Dogdog lojor mempunyai panjang 90 — 100 cm. Jadi, dogdog lojor adalah dogdog yang panjang.

Pementasan dogdog lojor diawali pukulan dogdog sebagai aba-aba bagi pemain angklung, ataupun penari. Setelah itu tarian dimulai setelah tabuhan dogdog tersebut yang kemudian diikuti oleh alunan music Sunda yang dimainkan oleh pemain angklung. Pada pementasan ini, penari kami akan diiringi oleh music Sunda yang sering digunakan oleh pementasan dogdog lojor, seperti "Kacang Buncis" atau "Tongeret". Dalam pementasan ini kami mengestimasikan waktu sekitar 10 menit sebab akan ada tambahan sentuhan drama agar suasana pementasan dogdog lojor menjadi lebih menarik untuk dilihat. Drama kami bertemakan tentang pertanian atau perkebunan sesuai fungsi dari dogdog lojor sekaligus akan menyampaikan pesan “Go Green” kepada penonton.
Tarian dogdog lojor yang jenaka dibalut dengan drama yang akan kami padukan sebelum tarian diharapkan mampu membuat penonton terhibur sekaligus mengetahui tarian dogdog lojor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar