Jumat, 02 Maret 2012

IMMSU - SUMATERA UTARA

“SUMATERA UTARA IN UNITY”

Apa yang terbersit di benak pembaca jika mendengar kata “Sumatera Utara”? Pasti semua berpikir tentang Medan,  Danau Toba, suku Batak, Melayu, atau malah mungkin Bika Ambon?? Jika itu yang anda maksud, itu hanya sebagian kecilnya saja.
Dengan mengangkat tema “SUMUT” (Sumatera Utara in Unity), IMMSU akan menyuguhkan keberagaman budaya asli  Sumatera Utara dengan menampilkan perbedaan dari tiap suku sehingga para peserta dan pengunjung Festival Budaya Nusantara mengetahui bahwa Sumatera Utara berkembang dan tumbuh dengan kekayaan budaya asli yang luar biasa. Sekalipun memilki keragaman budaya yang sangat luas, namun salah satu provinsi besar di Indonesia ini tetap dapat berjalan harmonis dengan menyatukan kesukuannya dalam satu kesatuan. Dan kebersamaan dalam keberagaman yang tumbuh di Sumatera Utara ini sendiri merupakan pengaplikasian semboyan Indonesia, yaitu “Bhineka Tunggal Ika”.
Untuk pameran, kami menggunakan konsep Batak, namun tidak meninggalkankan ciri khas budaya lain seperti Melayu dan Nias yang ada di Sumatera Utara. Karena Sumatera Utara terdiri dari berbagai macam budaya tersebut.
Konsep dekorasi utama kami ini meniru dari design inferior dan eksterior dari Rumah Adat Batak. Sisi dinding stand akan dihiasi dengan Kain Ulos dari  tiap sub-sub suku batak dan Kain Songket yang menggambarkan ciri khas Melayu. Di tiap kain tersebut akan di tempelkan foto-foto yang mewakili dan tulisan yang menjelaskan 5W+H dari suku dimana kain tersebut menjadi ciri khasnya.
           Di tengah-tengah stand kami akan menampilkan replika wilayah Sumatera Utara dan juga Danau Toba yang merupakan salah satu daerah wisata Sumatera Utara. Dalam replika tersebut kami juga menyampaikan penyebaran suku-suku Batak, Melayu dan juga Nias yang diwakilkan dengan adanya miniatur pasangan Putra-Putri daerah dari tiap suku-suku yang akan diletakkan berdasarkan wilayah pemukimannya

 

Kuliner yang akan kami sajikan terdiri dari makanan dan minuman. Makanan yang akan disajikan kali ini adalah makanan favorit dan khas dari penduduk Sumatera Utara, yaitu Roti Jala kuah kari dan paket makanan daun Ubi Tumbuk bersama SARTIKA (Sambal Teri Kacang) yang akan memanjakan selera anda. Selain itu kami juga akan menyajikan makanan-makanan ringan khas Sumatera Utara yaitu bika ambon, ombus-ombus, dan dodol nias. Sedangkan untuk minuman, kami akan menyajikan Toge Panyabungan. Dan dijamin kuliner yang akan kami sajikan sangat berkesan di lidah anda.
Masih penasaran? Datang aja ke stand IMMSU tanggal 1 April 2012 dalam acara Festival Budaya Nusantara. Datang dan jelajahi Sumatera Utara!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar